Saat bersammu cinta pun perlu ILMU

20 Apr

Berkomunikasi, bagi manusia yang hidup tak sendiri, adalah kebutuhan. Berkomunikasi bagi dua orang yang seatap sekamar mandi, adalah keniscayaan. Dengan komunikasi kita mengungkapkan perasaan, hasrat, cita-cita dan cinta. Dengan komunikasi, kita berbagi. Dengan komunikasi kita saling member penguatan, motivasi dan sejuta hal yang tak bisa hanya kita pendam dalam hati. Seperti kata Ustaz Anis Matta, cinta selalu menghajatkan kata. Dan berawal dari katalah sebuah komunikasi-verbal utamanya- terjadi.

 Sudah selayaknya bagi kita, untuk memanfaatkan komunikasi sebagai saranan mengakrabkan hati, memadukan jiwa, dan menumbuhkan cinta. Demikianlah Allah menjadikan kita mampu berbicara., mendengar, dan memahami, agar kita menjadikan suami atau isteri, sebagai sahabat berbagi dalam beribadah dan menunaikan perintah-perintahNya.

Permasalahan menjadi pelik, ketika ilmu tentang komunikasi itupun tak dimiliki. Yang terjadi di rumah kita seringkali bukanlah komunikasi. Hanya suara yang lalu lalang di antara dua orang. Tidak ada timbal balik. Tidak ada yang bisa disebut sebagai komunikator. Tak ada yang pantas disebut sebagai komunikan.

Cukuplah memang iman dan takwa sebagai bekal hidup. dan ia adalah sebaik-baik bekal. Tetapi setahu saya, keimanan bertambah dan berkurang naik dan turun. Dan setahu saya, iman serta taqwa pun menghajatkan ilmu. Maka Allah berfirman, “Fa’lam annahu Laa Ilaaha Illallaah”, maka ilmuilah sesungguhnya tiada Ilah selain Allah”. Berilmulah sebelum mengimaninya. Maka Imam Al- Bukhari menulis bab pertamanya, ‘Al-ilmu Qabal Qauli wal ‘Amaal”, Ilmu sebelum perkataan dan perbuatan. Kalau sedikit kita ubah kata-katanya, maka menjadi, “Ilmu, sebelum berkomunikasi dan bertindak”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: